“Neng, ntar wisudaan mau pake baju
apa? Kebaya atau gaun-gaun berkilau?”
“haduuuh gak tau deh, bingung,
wisudaan tuh ribet juga yah. Harus ngurusin baju, cari tukang make up, terus
jaga penampilan karena sorenya mau foto keluarga di studio. Gak tau juga ah mau
studio mana, pusing!”
“ya udah, gak usah wisuda aja!”
“Maksud Lo?!”
created by : me image source : google |
Ayoloooh yang lagi mau di wisuda,
kurang lebih kayak gitu tuh emosional yang lagi dihadapi para calon wisudawan,
khususnya wisudawati, hehehe. Buat yang udah wisuda juga nih, bener gak sih
seribet itu waktu mau nyiapin wisudaan? Kalau saya sih dulu gak ampe segitunya,
habis punya kebaya dan tukang make up sendiri, mamah saya maksudnya, hehehe.
Potongan kisah diatas akan saya
jadikan ide inspirasi buat para pebisnis nih. Satu hal terpenting kalau kita
gak bisa buka one stop shopping, yaitu dengan memiliki link alias network.
Menghadapi sebuah momen seperti wisudaan, pelanggan butuh banyak hal. Baju,
make up, foto, mobil (untuk menangkut keluarga, misalnya), makanan, dll. Nah
sekarang, saya mulai ya beberapa manfaat bernetwork :
- Customer needs
Focus pada kebutuhan
pelanggan. Orang yang diwisuda biasanya akan mencari salon yang menawarkan jasa
make up. Kalau salon menawarkan jasa peminjaman kebaya, ah itu sih biasa. Nah,
melihat fenomena seperti ini, kamu bisa buka bisnis jasa. Jasa untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan, pelanggannya adalah calon wisudawan/wisudawati. Berikan
solusi untuk mereka-mereka yang merasa ribet menemui momen seperti ini.
- Riset riset riset
Kumpulkan data
sebanyak-banyaknya. Data salon yang khusus muslimah dan yang umum. Data
penyewaan baju kebaya. Data penyewaan mobil. Data tempat makan keluarga. Nah
semua data itu, bisa kamu pilah-pilah, mana yang cocok untuk low sampai middle
up. Buat paket dari yang ekonomis hingga eksklusif. Dan bentuk networklah
dengan mereka, agar kamu bisa dapet harga khusus dari “tangan pertama”.
- Brand awareness
Manfaatkan social media
kayak twitter, facebook, instagram, path, dan yang lainnya untuk media promosi
kamu. Apalagi untuk bisnis yang baru. Tunjukkan USP terbaik kamu. Unique
message yang bakalan terus nempel di benak target market kamu. Strong visual
yang bikin mereka berpikir harus memilih brand kamu. Dan Push to Action yang
bikin mereka langsung reservasi.
- Utamakan kualitas
Setiap orang yang mau
wisuda, pasti ingin merasa special di hari tersebut. untuk menjadikan merasa
special, berikan keutamaan bisnis kamu. Walaupun punya paket ekonomis, kualitas
“tangan pertama” tetap harus jadi priority. Karena bakal sayang banget kalau
kamu kasih paket yang supeeer ekonomis tapi malah bikin mereka merasa gak
nyaman, bisnis kamu bisa jadi gak direkomendasikan. Duh duuuh.
- Perjelas sistemnya
Ingat loh, kamu itu sedang membuat
banyak relasi. Paket-paket yang kamu tawarkan terdiri dari bermacam-macam
salon, jasa travel, tempat makan, dll. Perjelas system kerjasama antara kalian
satu sama lain. Tunjukkan tentang peluang, bukan dengan menjanjikan keuntungan
luar biasa tapi kamunya menutupi sesuatu. Niat yang baik dapat memberikan hasil
yang diterima dengan baik pula.
Asik kan menjaring network dengan
banyak relasi?! Win-win solution pastinya. Kamu punya database dan kepuasan
karena memberikan solusi. “tangan pertama” juga senang dengan banyaknya order
dari paket-paket yang kamu tawarkan. Gak Cuma wisudaan kok ide bisnis yang bisa
kamu mulai garap, masih banyak lain. Semoga bermanfaat yaaa.
0 Comments