Line, chat messenger yang
ekspresif dengan stiker-stiker lucu dan
gamesnya yang bikin nagih ternyata punya strategi marketing yang super duper
TOP! Eh bentar-bentar, kalau saya ngomong soal Line, kamu-kamu pada ngeuh kan?!
Ituloooh yang ada TVC-nya ituuu, yang modelnya Maudy di perpustakaan itu. Ngeuh
kan sekarang? (beuh, giliran diingetin pake nama artis cantik aja, langsung
ngangguk-ngangguk, hehehe).
Bukan cuma Line sih yah yang
sekarang lagi happening banget di kalangan anak muda dengan smartphone
canggihnya yang touchscreen. Ada kakaoTalk, we chat, eh ada yahoo messenger
juga, hehehe. Tapi yang mau saya bahas disini, tentang Line aja ya.
Diambil dari kisah nyata saya
sendiri. Awalnya install Line karena temen-temen pada pake juga, dan katanya
lucu gitu. Ya udah deh, installation done! Terus sering denger line pop-line
pop, duuuh apaan sih itu? Audisi penyanyi pop? (maklumlaah waktu itu belum
gaul). Saking penasarannya, saya lihat di fitur more -> games, nah disitulah
saya nemuin Line. Dan ternyata, aslinya nih jadi kecanduan. Kalau kita dibikin
kecanduan karena line pop dan sejenisnya, kenapa kita gak belajar strategi
marketingnya juga? Kan sekali mendayuh gayung, dua-tiga pulau terlampaui, asik.
- Strong visual, even strong sound effect
Warna-warninya gambar
kepala para iconer line ini emang seriusan lucu banget. Banyak gambar yang
bikin mata kita serasa dikejutkan. Gak cuma secara visual. Efek suaranya juga
lucu. Puing! Yaw! Pam-pam! Hehehe. Nah, dari Line, kita bisa bikin konsep
bisnis kita seperti yang para developernya lakukan. Jika membuat iklan, buatlah
yang membuat mata dan telinga menikmati setiap petualangan yang kita tawarkan.
Contohnya, untuk bisnis kuliner, para pegawai yang kamu pakaikan kostum yang
menarik dan tematik, mereka juga bersuara dengan bersemangat (baca : tidak
lesu). Ini penting loh! Karena, pelanggan mana sih yang seneng dilayanin sama
pegawai yang bajunya kusut plus mukanya juga kusut. Ayo, kasih experience yang
terbaik untuk pelanggan kita.
- Special gift
Pernah gak kamu ngerasa
udah mau menyudahi main line popnya, karena melihat jumlah hatinya udah tinggal
1 lagi. Tapi ternyata, kamu dapet special gift berupa 10 hati. Ini malah bikin
kita jadi berpikir ulang dan akhirnya memutuskan, “ah hatinya nambah 10, main
lagi aja deh ampe hatinya abis”. Dari situ kita dapat ide bagus nih! Coba saat
pelanggan kamu sudah jauh-jauh datang atau datang ke tempat kamu sambil
kehujanan, kasih dong special gift! Free teh manis hangat kek, atau handuk
gitu, kan menyenangkan buat pelanggan.
- Everything seems so easy
Ternyata, dengan mengundang temen
kita buat main line pop, kita bisa dapet 1 hati perorangnya. Kesannya tuh, buat
main lagi, lagi, dan lagi itu, cuma tinggal invite friends aja. Seems so easy,
doesn’t it? Kalo gitu, kira-kira apa coba yang bisa kita pelajari dari strategi
ini? Wiiih banyak! Salah satunya kamu bikin promo kayak gini nih : “free ice
cream untuk kamu yang bawa adik kamu yang berusia 6-13 tahun”. Contoh konten
tadi misalnya karena kita juga ingin memunculkan awareness sama para pelanggan,
bahwa bisnis kamu juga bisa dinikmati oleh anak berusia 6-13 tahun, begituuuu.
0 Comments