Line, chat messenger yang ekspresif dengan stiker-stiker lucu  dan gamesnya yang bikin nagih ternyata punya strategi marketing yang super duper TOP! Eh bentar-bentar, kalau saya ngomong soal Line, kamu-kamu pada ngeuh kan?! Ituloooh yang ada TVC-nya ituuu, yang modelnya Maudy di perpustakaan itu. Ngeuh kan sekarang? (beuh, giliran diingetin pake nama artis cantik aja, langsung ngangguk-ngangguk, hehehe).

Bukan cuma Line sih yah yang sekarang lagi happening banget di kalangan anak muda dengan smartphone canggihnya yang touchscreen. Ada kakaoTalk, we chat, eh ada yahoo messenger juga, hehehe. Tapi yang mau saya bahas disini, tentang Line aja ya.

Diambil dari kisah nyata saya sendiri. Awalnya install Line karena temen-temen pada pake juga, dan katanya lucu gitu. Ya udah deh, installation done! Terus sering denger line pop-line pop, duuuh apaan sih itu? Audisi penyanyi pop? (maklumlaah waktu itu belum gaul). Saking penasarannya, saya lihat di fitur more -> games, nah disitulah saya nemuin Line. Dan ternyata, aslinya nih jadi kecanduan. Kalau kita dibikin kecanduan karena line pop dan sejenisnya, kenapa kita gak belajar strategi marketingnya juga? Kan sekali mendayuh gayung, dua-tiga pulau terlampaui, asik.

  • Strong visual, even strong sound effect
Warna-warninya gambar kepala para iconer line ini emang seriusan lucu banget. Banyak gambar yang bikin mata kita serasa dikejutkan. Gak cuma secara visual. Efek suaranya juga lucu. Puing! Yaw! Pam-pam! Hehehe. Nah, dari Line, kita bisa bikin konsep bisnis kita seperti yang para developernya lakukan. Jika membuat iklan, buatlah yang membuat mata dan telinga menikmati setiap petualangan yang kita tawarkan. Contohnya, untuk bisnis kuliner, para pegawai yang kamu pakaikan kostum yang menarik dan tematik, mereka juga bersuara dengan bersemangat (baca : tidak lesu). Ini penting loh! Karena, pelanggan mana sih yang seneng dilayanin sama pegawai yang bajunya kusut plus mukanya juga kusut. Ayo, kasih experience yang terbaik untuk pelanggan kita.

  • Special gift
Pernah gak kamu ngerasa udah mau menyudahi main line popnya, karena melihat jumlah hatinya udah tinggal 1 lagi. Tapi ternyata, kamu dapet special gift berupa 10 hati. Ini malah bikin kita jadi berpikir ulang dan akhirnya memutuskan, “ah hatinya nambah 10, main lagi aja deh ampe hatinya abis”. Dari situ kita dapat ide bagus nih! Coba saat pelanggan kamu sudah jauh-jauh datang atau datang ke tempat kamu sambil kehujanan, kasih dong special gift! Free teh manis hangat kek, atau handuk gitu, kan menyenangkan buat pelanggan.

  • Everything seems so easy
Ternyata, dengan mengundang temen kita buat main line pop, kita bisa dapet 1 hati perorangnya. Kesannya tuh, buat main lagi, lagi, dan lagi itu, cuma tinggal invite friends aja. Seems so easy, doesn’t it? Kalo gitu, kira-kira apa coba yang bisa kita pelajari dari strategi ini? Wiiih banyak! Salah satunya kamu bikin promo kayak gini nih : “free ice cream untuk kamu yang bawa adik kamu yang berusia 6-13 tahun”. Contoh konten tadi misalnya karena kita juga ingin memunculkan awareness sama para pelanggan, bahwa bisnis kamu juga bisa dinikmati oleh anak berusia 6-13 tahun, begituuuu.