“Neng, ntar wisudaan mau pake baju apa? Kebaya atau gaun-gaun berkilau?”
“haduuuh gak tau deh, bingung, wisudaan tuh ribet juga yah. Harus ngurusin baju, cari tukang make up, terus jaga penampilan karena sorenya mau foto keluarga di studio. Gak tau juga ah mau studio mana, pusing!”
“ya udah, gak usah wisuda aja!”
“Maksud Lo?!”

created by : me
image source : google

Ayoloooh yang lagi mau di wisuda, kurang lebih kayak gitu tuh emosional yang lagi dihadapi para calon wisudawan, khususnya wisudawati, hehehe. Buat yang udah wisuda juga nih, bener gak sih seribet itu waktu mau nyiapin wisudaan? Kalau saya sih dulu gak ampe segitunya, habis punya kebaya dan tukang make up sendiri, mamah saya maksudnya, hehehe.

Potongan kisah diatas akan saya jadikan ide inspirasi buat para pebisnis nih. Satu hal terpenting kalau kita gak bisa buka one stop shopping, yaitu dengan memiliki link alias network. Menghadapi sebuah momen seperti wisudaan, pelanggan butuh banyak hal. Baju, make up, foto, mobil (untuk menangkut keluarga, misalnya), makanan, dll. Nah sekarang, saya mulai ya beberapa manfaat bernetwork :
  •         Customer needs
Focus pada kebutuhan pelanggan. Orang yang diwisuda biasanya akan mencari salon yang menawarkan jasa make up. Kalau salon menawarkan jasa peminjaman kebaya, ah itu sih biasa. Nah, melihat fenomena seperti ini, kamu bisa buka bisnis jasa. Jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, pelanggannya adalah calon wisudawan/wisudawati. Berikan solusi untuk mereka-mereka yang merasa ribet menemui momen seperti ini.
  •     Riset riset riset
Kumpulkan data sebanyak-banyaknya. Data salon yang khusus muslimah dan yang umum. Data penyewaan baju kebaya. Data penyewaan mobil. Data tempat makan keluarga. Nah semua data itu, bisa kamu pilah-pilah, mana yang cocok untuk low sampai middle up. Buat paket dari yang ekonomis hingga eksklusif. Dan bentuk networklah dengan mereka, agar kamu bisa dapet harga khusus dari “tangan pertama”.
  •         Brand awareness
Manfaatkan social media kayak twitter, facebook, instagram, path, dan yang lainnya untuk media promosi kamu. Apalagi untuk bisnis yang baru. Tunjukkan USP terbaik kamu. Unique message yang bakalan terus nempel di benak target market kamu. Strong visual yang bikin mereka berpikir harus memilih brand kamu. Dan Push to Action yang bikin mereka langsung reservasi.
  •        Utamakan kualitas
Setiap orang yang mau wisuda, pasti ingin merasa special di hari tersebut. untuk menjadikan merasa special, berikan keutamaan bisnis kamu. Walaupun punya paket ekonomis, kualitas “tangan pertama” tetap harus jadi priority. Karena bakal sayang banget kalau kamu kasih paket yang supeeer ekonomis tapi malah bikin mereka merasa gak nyaman, bisnis kamu bisa jadi gak direkomendasikan. Duh duuuh.
  •       Perjelas sistemnya
Ingat loh, kamu itu sedang membuat banyak relasi. Paket-paket yang kamu tawarkan terdiri dari bermacam-macam salon, jasa travel, tempat makan, dll. Perjelas system kerjasama antara kalian satu sama lain. Tunjukkan tentang peluang, bukan dengan menjanjikan keuntungan luar biasa tapi kamunya menutupi sesuatu. Niat yang baik dapat memberikan hasil yang diterima dengan baik pula.

Asik kan menjaring network dengan banyak relasi?! Win-win solution pastinya. Kamu punya database dan kepuasan karena memberikan solusi. “tangan pertama” juga senang dengan banyaknya order dari paket-paket yang kamu tawarkan. Gak Cuma wisudaan kok ide bisnis yang bisa kamu mulai garap, masih banyak lain. Semoga bermanfaat yaaa.